Adobe After Effects adalah produk peranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. Pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe.
Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam-macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan objek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.
Adobe After Effects memiliki fitur-fitur penting, misalnya Adobe After Effects memiliki alat untuk membuat Shape (seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop). Pada Adobe After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe Flash (cara menganimasikannya juga hampir sama). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain.
Windows
Sejarah After Effects
After Effects awalnya diciptakan oleh Company of Science and Art di Providence, RI, ( CoSA) USA. Versi 1.0 dirilis pada Januari 1993. Versi 2.1 memperkenalkan PowerPC Acceleration pada tahun 1994. CoSA bersama dengan After Effects kemudian diakuisisi oleh perusahaan Aldus pada bulan Juli 1993; perusahaan ini kemudian diakuisisi oleh Adobe pada tahun 1994, dan dengan itu Page Maker dan After Effects. Rilis pertama oleh Adobe untuk After Effects adalah versi 3.0.
After Effects awalnya diciptakan oleh Company of Science and Art di Providence, RI, ( CoSA) USA. Versi 1.0 dirilis pada Januari 1993. Versi 2.1 memperkenalkan PowerPC Acceleration pada tahun 1994. CoSA bersama dengan After Effects kemudian diakuisisi oleh perusahaan Aldus pada bulan Juli 1993; perusahaan ini kemudian diakuisisi oleh Adobe pada tahun 1994, dan dengan itu Page Maker dan After Effects. Rilis pertama oleh Adobe untuk After Effects adalah versi 3.0.
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Adobe After Effect:
Ø Multicore Intel processor with 64-bit support
Ø Microsoft® Windows® 7 with Service Pack 1 (64 bit), Windows 8 (64 bit), Windows 8.1 (64 bit), or Windows 10 (64 bit)
Ø 4GB of RAM (8GB recommended)
Ø 5GB of available hard-disk space; additional free space required during installation (cannot install on removable flash storage devices)
Ø Additional disk space for disk cache (10GB recommended)
Ø 1280x1080 display
Ø Optional: Adobe-certified GPU card for GPU-accelerated ray-traced 3D renderer
Ø Internet connection and registration are necessary for required software activation, validation of subscriptions, and access to online services.*
MacOS
Ø Multicore Intel processor with 64-bit support
Ø macOS versions 10.10 (Yosemite), 10.11 (El Capitan), or 10.12 (Sierra)
Ø 4GB of RAM (8GB recommended)
Ø 6GB of available hard-disk space for installation; additional free space required during installation (cannot install on a volume that uses a case-sensitive file system or on removable flash storage devices)
Ø Additional disk space for disk cache (10GB recommended)
Ø 1440x900 display
Ø Optional: Adobe-certified GPU card for GPU-accelerated ray-traced 3D renderer
Internet connection and registration are necessary for required software activation, validation of subscriptions, and access to online services.*
Beberapa fitur yang terdapat di adobe after effects diantaranya :
1. Preset yaitu ukurang yang akan digunakan pada project anda (kalau anda memilih preset maka akan mempengaruhi “Width And Height” secara otomatis akan muncul sesuai yang anda pilih) misalnya anda mau membuat project untuk tune telivisi atau periklanan telivisi maka anda harus menggunakan (PAL D1/DV Square Pix, 768 x 576), apabila untuk pembelajaran dapat menggunakan ukuran (Medium, 320 x 240) Pixel Aspect Ratio gunakan “Square Pixels”.
2. Frame Rate yaitu perhitungan frame per second artinya misalnya anda menggunakan 30 FPS jadi anda dalam satu detik menggunakan 30 gambar, tapi standar Televisi Indonesia menggunakan 25 FPS. Jepang juga menggunakan 25 FPS untuk pembuatan film kartun.
3. Resolution yaitu untuk menentukan hasil gambar yang akan dibuat nantinya, didalamnya terdapat berbagai pilihan diantaranya, Full, Half, Third, Quarter, dan Custom. Ini juga mempengaruhi besar kecilnya RAM. Apabila kita menggunakan RAM yang standar misalnya 128 maka kita dapat memilih resolution “Full” tapi dengan catatan tidak menggunakan image yang banyak, karena dapat menambah berat ketika pengerjaan.
4. Start Time Code yaitu jika anda mengakses project dengan menulis 0.00.01.00, maka pembuatan project anda akan mulai pada menit ke 1.
5. Duration yaitu untuk menentukan akhir waktu project yang dikerjakan (perlu diketahui dalam suatu periklanan 1 detik saja adalah uang maka harus berhati-hati dalam memperhitungkan ini, jika perusahaan televisi meminta untuk membuatkan project 15 detik maka anda harus membuatnya tepat 15 detik, tidak boleh lebih atau kurang)
6. Anchor Point yaitu untuk menggeser image tetapi tidak berjalan.
7. Position yaitu untuk menggeser dari arah samping kanan atau kiri atau juga bisa dari atas kebawah.
8. Scala yaitu untuk mengecilkan atau memperbesar image
9. Rotation yaitu untuk membuat image berputar
10. Opacity yaitu untuk mengatur image menjadi transparan
Jendela tool didalam After Effects anatara lain, selection tool(v), rotation tool(w), orbit camera tool(c), brush tool(ctrl+b), clone stamp tool(ctrl+b), eraser tool(ctrl+b), pen tool(g), hand tool(h), dan banyak yang lainnya.
1. Preset yaitu ukurang yang akan digunakan pada project anda (kalau anda memilih preset maka akan mempengaruhi “Width And Height” secara otomatis akan muncul sesuai yang anda pilih) misalnya anda mau membuat project untuk tune telivisi atau periklanan telivisi maka anda harus menggunakan (PAL D1/DV Square Pix, 768 x 576), apabila untuk pembelajaran dapat menggunakan ukuran (Medium, 320 x 240) Pixel Aspect Ratio gunakan “Square Pixels”.
2. Frame Rate yaitu perhitungan frame per second artinya misalnya anda menggunakan 30 FPS jadi anda dalam satu detik menggunakan 30 gambar, tapi standar Televisi Indonesia menggunakan 25 FPS. Jepang juga menggunakan 25 FPS untuk pembuatan film kartun.
3. Resolution yaitu untuk menentukan hasil gambar yang akan dibuat nantinya, didalamnya terdapat berbagai pilihan diantaranya, Full, Half, Third, Quarter, dan Custom. Ini juga mempengaruhi besar kecilnya RAM. Apabila kita menggunakan RAM yang standar misalnya 128 maka kita dapat memilih resolution “Full” tapi dengan catatan tidak menggunakan image yang banyak, karena dapat menambah berat ketika pengerjaan.
4. Start Time Code yaitu jika anda mengakses project dengan menulis 0.00.01.00, maka pembuatan project anda akan mulai pada menit ke 1.
5. Duration yaitu untuk menentukan akhir waktu project yang dikerjakan (perlu diketahui dalam suatu periklanan 1 detik saja adalah uang maka harus berhati-hati dalam memperhitungkan ini, jika perusahaan televisi meminta untuk membuatkan project 15 detik maka anda harus membuatnya tepat 15 detik, tidak boleh lebih atau kurang)
6. Anchor Point yaitu untuk menggeser image tetapi tidak berjalan.
7. Position yaitu untuk menggeser dari arah samping kanan atau kiri atau juga bisa dari atas kebawah.
8. Scala yaitu untuk mengecilkan atau memperbesar image
9. Rotation yaitu untuk membuat image berputar
10. Opacity yaitu untuk mengatur image menjadi transparan
Jendela tool didalam After Effects anatara lain, selection tool(v), rotation tool(w), orbit camera tool(c), brush tool(ctrl+b), clone stamp tool(ctrl+b), eraser tool(ctrl+b), pen tool(g), hand tool(h), dan banyak yang lainnya.
Miku Miku Dance
MikuMikuDance, Atau yang biasa disingkat sebagai MMD, adalah sebuah program animasi freeware berpemilik yang memungkinkan pengguna menghidupkan dan membuat animasi 3D Movie yang awalnya diproduksi untuk karakter Vocaloid Hatsune Miku. Program MikuMikuDance (MMD) sendiri diprogram oleh pembuatnya yaitu Yu Higuchi (HiguchiM) dan telah melalui beberapa rangkaian upgrade system sejak diciptakannya MMD.Dalam hal ini MikuMikuDance Produksinya dibuat sebagai bagian dari Promosi Proyek Video VOCALOID (VPVP).
Tampilan Dasar MMD
Perangkat lunak [Software] ini memungkinkan pengguna untuk memasukan model 3D ke dalam ruang virtual yang dapat digerakan dan di-animasikan. Pergerakan 3D model dapat dengan mudah untuk diubah baik dalam ekspresi wajah yang dapat diubah (asalkan model memiliki Morphs untuk menggunakan), dan data-data gerakannya dapat diterapkan ke model untuk membuatnya bergerak. Seiring dengan adanya fungsi-fungsi diatas, maka hal seperti aksesoris, panggung, dan latar belakang dapat ditambahkan untuk menciptakan lingkungan, dan efek seperti flare lens dan AutoLuminous (efek yang membuat tampilan menjadi bersinar) yang dapat diterapkan selama MikuMikuEffect (MME ) plugin diinstal ke dalam system. Suara dan musik juga dapat ditambahkan untuk membuat video musik, film pendek, dan cerita fan-made.聽
Tampilan Setting MMD
Data data gerakan (Motion data) yang berfungsi untuk menghidupkan karakter,dan Pose data yang Berfungsi untuk membuat scrrenshot dapat di export menjadi VMD. (Vocaloid Motion Data) files. Dan Vpd (Vocaloid Pose data) Files. masing-masing File yang diekspor kemudian dapat diimpor ke proyek-proyek lain yang dibuat dengan perangkat lunak yang sama serta dapat menggunakan file yg tersedia. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berbagi data dengan pengguna lain. Perangkat lunak ini juga menggunakan mesin fisika Bullet (Bullet Physhic Engine). Pengguna juga dapat menggunakan Microsoft kinect untuk membuat motion capturing. Map shadowing,serta dapat Mnegubah format vido menjadi Avi.
Adapun spesifikasi komputer yang diperlukan untuk dapat menjalankan aplikasi ini yaitu:
Minimum System Requirements
Processor: Pentium 4 class processor (at least socket 468)
Ram: At least 512mb
Video: At least Nvidia Geforce FX 5500
DirectX: DirectX 9.
Sound: Any soundcard.
OS: Windows XP 32-bit*
Due to Windows XP no longer being a supported operating system, it is not recommended to use Windows XP anymore, unless for special reasons.
Ram: At least 512mb
Video: At least Nvidia Geforce FX 5500
DirectX: DirectX 9.
Sound: Any soundcard.
OS: Windows XP 32-bit*
Due to Windows XP no longer being a supported operating system, it is not recommended to use Windows XP anymore, unless for special reasons.
Optimum System Requirements
Processor: Any recent processor, as far back as a Pentium Dual Core. Multicore preferred especially if doing renderings.
Ram: At least 2gb. More will be required for multiple models in a project.
Video: Geforce 8XXX series or better.
DirectX: If DirectX10 or better is available, use it. Else, DirectX 9 should suffice.
Sound: Any High-Definition soundcard.
OS: Windows 7 64-bit (any edition) or more recent.
Ram: At least 2gb. More will be required for multiple models in a project.
Video: Geforce 8XXX series or better.
DirectX: If DirectX10 or better is available, use it. Else, DirectX 9 should suffice.
Sound: Any High-Definition soundcard.
OS: Windows 7 64-bit (any edition) or more recent.
Autodesk Maya
Autodesk Maya merupakan perangkat lunak komputer grafis 3D yang berjalan pada Windows, Mac Os, dan linux. Awalanya dikembangkan oleh Alias System Corporation dan saat ini dimiliki dan dikembangkan oleh Autodesk, Inc. Hal ini digunakan untuk membuat aplikasi 3D interaktif, termasuk video, game, film animasi, serial TV ataupun efek visual. Nama Maya di ambil dari bahasa Sangsekerta yang artinya adalaha ilusi.
Maya adalah aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan aset 3D untuk digunakan dalam film, pengembangan televisi, permainan dan arsitektur. Pengguna menentukan ruang kerja virtual (TKP) untuk menerapkan dan mengedit media suatu proyek tertentu. Adegan dapat disimpan dalam berbagai format, default-nya adalah mb (Binary Maya). Maya memperlihatkan arsitektur grafik simpul. Elemen yang node-based, setiap node memiliki atribut sendiri dan kustomisasi. Akibatnya, representasi visual dari sebuah adegan didasarkan sepenuhnya pada jaringan, tergantung pada informasi satu sama lain. Untuk kenyamanan melihat jaringan ini, ada ketergantungan dan grafik asiklik diarahkan.
Pengguna yang adalah mahasiswa, guru atau veteran dapat men-download versi pendidikan penuh dari masyarakat Pendidikan Autodesk . Versi yang tersedia di masyarakat tanpa pembatasan (sekali diaktifkan dengan lisensi produk), kecuali untuk watermark pada output merender. Muncul dengan lisensi 36 bulan penuh. Setelah itu berakhir, pengguna dapat masuk ke masyarakat untuk meminta lisensi 36 bulan baru.
Selain itu, lisensi mahasiswa abadi dapat dibeli untuk Maya. Lisensi ini tidak berakhir dan versi mahasiswa dapat ditingkatkan ke versi komersial dengan diskon yang signifikan. Hal ini dapat digunakan bahkan setelah lulusan mahasiswa, pembatasan hanya menjadi penggunaan non komersial. Tidak ada watermark diciptakan selama output, membuat versi mahasiswa Maya cocok untuk pembuatan portofolio. Namun, file yang disimpan dengan versi ini diakui oleh semua versi Maya sebagai file yang dibuat oleh versi mahasiswa.
KOMPONEN
Sejak konsolidasi dari dua paket yang berbeda, Maya dan versi selanjutnya telah berisi semua fitur yang sekarang telah unlimited suite, fitur fiturnya antara lain sebagi berikut :
· Fluid Effects
Ditamabahkan ke dalam Maya 4.5 yauitu sebuah simulator cairan yang realistis yag efektif untuk pembuatan asap, api, awan dan ledakan
· Clasisic Clot
Simulasi kain untuk secara otomatis mensimulasikan pakaian dan kain bergerak realistis melalui karakter animasi. Toolset Kain Maya telah ditingkatkan di setiap versi Maya dirilis setelah Spider-Man 2. Alias bekerja dengan Sony Pictures ImageWorks untuk mendapatkan Kain Maya sampai dengan awal untuk produksi itu, dan semua perubahan yang telah dilaksanakan, meskipun studio besar memilih untuk menggunakan plugin pihak ketiga seperti Syflex.
· Fur
Hewan yang mirip dengan rambut di simulasikan oleh Maya. Hal ini dapat digunakan untuk mensimulasikan lainnya bulu-seperti objek, seperti rumput
· nHair
Sebuah simulator untuk realistis tampak rambut manusia yang diimplementasikan dengan menggunakan kurva dan Efek Cat. Ini juga dikenal sebagai kurva dinamis.
· Maya Live
Satu set alat pelacakan gerak untuk CG cocok untuk membersihkan plate footage.
· nCloth
Ditambahkan dalam versi 8,5, nCloth adalah implementasi pertama dari Inti Maya, kerangka simulasi Autodesk. Ini memberikan kontrol artis lanjut dari kain dan simulasi materi.
· nParticiple
Ditambahkan dalam versi 2009, nParticle merupakan addendum toolset Inti Maya. ini adalah untuk mensimulasikan berbagai efek 3D yang kompleks, termasuk cairan, asap awan, semprot, dan debu.
· MatchMover
Ditambahkan ke Maya 2010, hal ini memungkinkan composite elemen CGI dengan data gerakan dari urutan video dan film.
· Composite
Ditambahkan ke Maya 2010, ini sebelumnya dijual sebagai Autodesk Toxik.
· Camera Sequencer
Ditambahkan ke Maya 2011, Sequencer Kamera digunakan untuk gambar tata letak kamera ganda dan mengatur mereka dalam satu urutan animasi.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
KELEBIHAN
Maya 3D memiliki kemampuan untuk kerajinan objek 3-D kustom dan memungkinkan pengguna untuk secara bebas dan mudah memanipulasi masing-masing titik individu yang memungkinkan untuk rasa kontrol dan fleksibilitas. Maya 3D memiliki kemampuan yang baik untuk kerajinan karya-karya seni visual jika digunakan dengan benar. Ini memiliki kekuatan besar dalam menyediakan pengaturan pencahayaan dan tekstur alat untuk membantu membuat objek terlihat lebih realistis.
KEKURANGAN
Meskipun Maya 3D adalah sebuah alat yang sempurna untuk kerajinan karya seni visual yang indah masih mengandung beberapa kelemahan yang Anda harus sadar. 3D Maya tidak berisi fitur Bi-PED seperti 3ds Max, yang berarti bahwa untuk menciptakan struktur rangka untuk karakter pengguna banyak membangun satu set “tulang,” banyak seperti membangun kerangka dari bawah ke atas. Hal ini dapat memakan waktu untuk melakukannya, terutama jika Anda membuat kelompok besar karakter untuk film atau video game. Juga, antarmuka untuk Maya 3D belum tentu sesuatu yang baik untuk pemula dan mungkin membingungkan beberapa pengguna pertama kali.
PERSYARATAN HARDWARE
Autodesk telah menerbitakan persyaratan untuk menjalankan Maya agar kinerjanya memadai. Spesifikasi yang identik itu untuk platform baik x86 dan x64.
Tabel 1. Spesifik Indentik
Hardware
|
Spesifikasi
|
Processor
|
Intel Pentium 4 or higher, AMD Athlon 64, AMD Opteron processor, AMD Phenom processor
|
Video Card
|
Qualified hardware-accelerated OpenGL graphics cards
|
Memory
|
2 GB, 4 GB for 64-bit OS
|
Hard Drive
|
10 GB
|
Optical Drive
|
DVD-ROM
|
Internet Browser
|
Microsoft Internet Explorer 7.0 or higher, Apple Safari, or Mozilla Firefox, or Google Chrome
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar