Kamis, 24 Desember 2015

Pendapat Mengenai "Peran Komunikasi dalam Organisasi"



Berikut ini saya akan menuliskan pendapat saya tentang peran komunikasi dalam organisasi. Sebelumnya kita harus tau dulu arti kata “komunikasi” dan “organisasi” tersebut.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti komunikasi adalah:
1.       Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak;
2.        perhubungan; dua arah komunikasi yg komunikan dan komunikatornya dl satu saat bergantian memberikan informasi;
Yang kedua adalah arti kata Organisasi, yaitu:
1.       kesatuan (susunan dsb) yg terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dl perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu;
2.       kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama;
Dari kedua kata diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Komunikasi sangat berperan penting dalam suatu Organisasi. Organisasi adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki tujuan yang sama. Oleh karena itu orang-orang dalam organisasi tersebut pastilah melakukan komunikasi dengan sesama anggota organisasi tersebut. Jika tidak ada komunikasi dalam organisasi tersebut, komunikasi antara anggota dengan anggota ataupun pimpinan organisasi dengan anggota dibawahnya maupun sebaliknya. Pastilah kegiatan dalam organisasi tersebut akan terganggu. Karena setiap anggota dalam organisasi tersebut tidak dapat menyampaikan gagasan atau idenya. Semua anggota organisasi akan bekerja sendiri-sendiri dan terjadi miss komunikasi sehingga tujuan organisasi tidak dapat tercapai.
Dalam proses komunikasi terdapat unsur-unsur yang harus dipenuhi. Jika salah satu dari unsur tersebut tidak terpenuhi maka komunikasi tidak akan berjalan. Unsur-unsur tersebut yaitu:
1.       Komunikator / pengirim / sender. Merupakan orang yang menyampaikan isi pernyataannya kepada komunikan. Komunikator bisa tunggal ataupun kelompok.
2.       Komunikan/penerima/receiver. Merupakan penerima pesan atau berita yang disampaikan oleh komunikator. Dalam proses komunikasi, penerima pesan bertanggung jawab untuk dapat mengerti isi pesan yang disampaikan dengan baik dan benar.
3.       Saluran/media/channel. Merupakan saluran atau jalan yang dilalui oleh isi pernyataan komunikator kepada komunikan dan sebaliknya. Pesan dapat berupa kata-kata atau tulisan, tiruan, gambaran atau perantara lain yang dapat digunakan untuk mengirim melalui berbagai channel yang berbeda.
Jika ketiga unsur diatas sudah terpenuhi maka terjadilah proses komunikasi. Jika semakin baik komunikasi dalam organisasi, baik atasan dengan bawahan atau sebaliknya, bawahan dengan bawahan maka organisasi dapat mewujudkan tujuannya.
                Itulah pendapat saya mengenai “Peran Komunikasi dalam Organisasi.”
Sumber:
http://kbbi.co.id/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar