Berikut ini
saya akan menuliskan pendapat saya tentang peran komunikasi dalam organisasi.
Sebelumnya kita harus tau dulu arti kata “komunikasi” dan “organisasi”
tersebut.
Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI) arti komunikasi adalah:
1. Pengiriman
dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud
dapat dipahami; hubungan; kontak;
2. perhubungan; dua arah komunikasi yg komunikan
dan komunikatornya dl satu saat bergantian memberikan informasi;
Yang kedua adalah arti kata
Organisasi, yaitu:
1.
kesatuan (susunan dsb) yg terdiri atas
bagian-bagian (orang dsb) dl perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu;
2.
kelompok kerja sama antara orang-orang yg
diadakan untuk mencapai tujuan bersama;
Dari kedua
kata diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Komunikasi sangat berperan penting
dalam suatu Organisasi. Organisasi adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang
memiliki tujuan yang sama. Oleh karena itu orang-orang dalam organisasi
tersebut pastilah melakukan komunikasi dengan sesama anggota organisasi tersebut.
Jika tidak ada komunikasi dalam organisasi tersebut, komunikasi antara anggota
dengan anggota ataupun pimpinan organisasi dengan anggota dibawahnya maupun
sebaliknya. Pastilah kegiatan dalam organisasi tersebut akan terganggu. Karena setiap
anggota dalam organisasi tersebut tidak dapat menyampaikan gagasan atau idenya.
Semua anggota organisasi akan bekerja sendiri-sendiri dan terjadi miss komunikasi sehingga tujuan
organisasi tidak dapat tercapai.
Dalam proses
komunikasi terdapat unsur-unsur yang harus dipenuhi. Jika salah satu dari unsur
tersebut tidak terpenuhi maka komunikasi tidak akan berjalan. Unsur-unsur
tersebut yaitu:
1.
Komunikator / pengirim / sender. Merupakan orang
yang menyampaikan isi pernyataannya kepada komunikan. Komunikator bisa tunggal
ataupun kelompok.
2.
Komunikan/penerima/receiver. Merupakan penerima
pesan atau berita yang disampaikan oleh komunikator. Dalam proses komunikasi,
penerima pesan bertanggung jawab untuk dapat mengerti isi pesan yang
disampaikan dengan baik dan benar.
3.
Saluran/media/channel. Merupakan saluran atau
jalan yang dilalui oleh isi pernyataan komunikator kepada komunikan dan sebaliknya.
Pesan dapat berupa kata-kata atau tulisan, tiruan, gambaran atau perantara lain
yang dapat digunakan untuk mengirim melalui berbagai channel yang berbeda.
Jika ketiga
unsur diatas sudah terpenuhi maka terjadilah proses komunikasi. Jika semakin baik
komunikasi dalam organisasi, baik atasan dengan bawahan atau sebaliknya,
bawahan dengan bawahan maka organisasi dapat mewujudkan tujuannya.
Itulah
pendapat saya mengenai “Peran Komunikasi dalam Organisasi.”
Sumber:
http://kbbi.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar